Rekomendasi Universitas Murah Di Indonesia , Kuliah Ga Harus Mahal

Universitas Murah Di Indonesia – Di PTN, biaya kuliah disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semester. UKT terbagi atas beberapa golongan, dibedakan berdasarkan kemampuan keuangan orangtua mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN. Biasanya, UKT akan berbeda bagi masing-masing mahasiswa tergantung jalur masuknya. Contoh, biaya kuliah berupa UKT akan beda antara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau tahun 2023 berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri.Calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi biasanya akan mempertimbangkan jurusan dan universitas yang sesaui dengan minatnya. Di samping kedua hal itu, besaran UKT juga menjadi bahan pertimbangan para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi .

Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Sarjana (S1) yang diterima di UNY melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) S1 UNY dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).Lewat berbagai jurusan yang berasal dari 7 fakultas, biaya pendidikan di UNY paling murah dikenakan pada UKT I, yaitu sebesar Rp500 ribu.Sementara itu, biaya UKT VII pada jurusan di fakultas teknik mencapai Rp6,3 juta.

Universitas Sebelas Maret

Biaya kuliah di Universitas Sebelas Maret secara resmi menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau disingkat UKT sejak tahun 2012.Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.UKT pada masing-masing program studi dibagi menjadi delapan kelas atau kelompok. Untuk kelompok I dan kelompok II, biaya UKT tidak ada perbedaan, yakni Rp 475.000 dan Rp 975.500.

Pada kelompok III hingga VII, biaya UKT semakin besar dengan rentang biaya antarkelompok sekitar Rp 400.000 hingga Rp 1 juta. Sedangkan kenaikan nominal dari kelompok VII ke VIII lebih besar lagi, yakni di kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 4 jutaan.

Universitas Brawijaya

Universitas Murah Di Indonesia selanjutnya ada Universitas Brawijaya. Berdasarkan Peraturan Rektor UB no 41 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan, biaya pendidikan atau UKT yang harus dikenakan mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022 terbagi menjadi 6 kelompok. UKT I sebagai yang terendah yakni Rp 500 ribu. Sedangkan UKT VI tertinggi ada pada jurusan Kedokteran Gigi yang mencapai Rp 21 Juta.

Baca Juga : 9 SMA Unggulan di Sulawesi Selatan Raih Nilai UTBK Tertinggi

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Jika mahasiswa di universitas lain harus membayar jutaan per semester, tidak begitu halnya dengan mahasiswa di UIN SGD. Mereka hanya perlu membayar SPP sebesar Rp 600.000,00 per semester. Murah bukan? Jika kuliah selama 4 tahun atau 8 semester, maka total SPP yang harus dibayar adalah Rp 4.800.000,00. Di universitas lain, jumlah itu hanya cukup untuk membayar satu semester.Jika berminat menjadi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, bersiaplah untuk kuliah di Bandung. Gedung kampusnya terletak di Jalan A.H. Nasution No. 10, Bandung, Jawa Barat. Universitas ini dikenal berkualitas baik. Para mahasiswa tidak hanya diajari teori dan praktik, tetapi juga pendidikan agama.

Universitas Sawerigading

Belum pernah mendengar namanya? Kampus ini terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jika ingin kuliah dengan biaya rendah, pertimbangkanlah untuk mendaftar di sana. Biayanya per semester adalah Rp 500.000,00 hingga Rp 600.000,00. Harga tersebut sudah mencakup segala sarana dan prasarana yang disediakan kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya.Gedung kampus Universitas Sawerigading terletak di Jalan Kandea 3, Bontoala Tua, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Universitas ini memiliki reputasi yang cukup bagus di masyarakat. Setiap tahun, banyak mahasiswa yang lulus dan langsung bekerja sesuai keahlian masing-masing. Ingin menjadi bagian dari mereka? Jangan sampai kelewatan tanggal tes masuknya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *